Prakerin adalah Kependekan Dari Praktek kerja industri adalah Kegiatan pendidikan pelatihan dan pembelajaran yang di laksanakan di dunia Usaha atau dunia Industri dalam upaya pendekatan atau untuk meningkatkan mutu para siswa-siswi Sekolah Menengah kejuruan (SMK) Dengan Kopentensi siswa sesuai bidangnya dan untuk menambah bekal untuk masa-masa mendatang guna memasuki dunia kerja yang semakin banyak serta ketat dalam persaingan Seperti masa sekarang ini
Dalam pelaksanaannya Praktek Kerja Industri
ini dilakukan diberbagai lokasi prakter sesuai dengan kompetensi yang dimiliki
oleh siswa.
Dalam Pelaksanaan Nya dilakukan dengan
prosedur tertentu bagai siswa yang bertujuan Untuk magang di suatu tempat kerja
baik dunia usaha Maupun dunia Industri setidak nya sudah memiliki kemampuan
dasar sesuai bidang yang di geluti nya atau sudah mendapatkan bekal dari guu
pembimbing disekolah untuk memiliki ilmu-ilmu dasar yag akan diterapkan dalam
dunia uusaha atau dunia industri
Alasan Utama mengapa para siswa harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuuai bidang nya agar dalam pelaksana annya praaktek keerja industri tidak ada kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga kejurun terkait.
Dalam Proses pelaksanaan PRAKERIN ini dihaarapkan setiap siswa mampu mengikutii kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakuka didunia usaha maupun dunia industri ,agar siswa tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang lebih baik da yang berguna bagi diri nya serta agar siswa tersebut mampu meunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang telah dilakukan nya selama berada di dunia usaya ataua duna industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia Idustri.
Alasan Utama mengapa para siswa harus memiliki bekal ilmu pengetahuan dasar sesuuai bidang nya agar dalam pelaksana annya praaktek keerja industri tidak ada kendala dalam penerapan ilmu pengetahuan dasar yang kemungkinan besar dalam praktek kerja industri mendapatkan ilmu-ilmu baru yang tidak diajarkan di Lembaga kejurun terkait.
Dalam Proses pelaksanaan PRAKERIN ini dihaarapkan setiap siswa mampu mengikutii kegiatan kerja serta memahami kegiatan kerja yang dilakuka didunia usaha maupun dunia industri ,agar siswa tersebut dapat mencapai serta mendapatkan sesuatu yang lebih baik da yang berguna bagi diri nya serta agar siswa tersebut mampu meunjukan kinerja nya secara maksimal apa yang telah dilakukan nya selama berada di dunia usaya ataua duna industri sehingga mampu membuat dirinya diperhitungkan didunia usaha atau dunia Idustri.
Landasan Hukum Prakerin
1. Undang Undaang No.20 tahun 2003 Tentang
siistem pendidikan Nasional : pendidikan aadalah usaha sadar terencanna untuk
mmewusjudkan suasana belajar dan process pembelajaran agar peserta didik secara
aktif mengembangkan potensi diri nya untuk memiliki kekuatan spiritual
keagamaan ,peengendalian diri kepribadian ,kecerdasan ,akhlak muliia ,serta keterampilan yang diperlukan diri nya
, massyarakat Bagsa Dan Negara
2. Kepmen pendidikan dan kebudayaan No.323/u/1997,
Tentang penyelengaaraan Prakerin SMK
Tujuan Diadakanya Prakerin
1. Mengimplementasikan materi yang di
apatkan disekolah
2. Membentuk pola piker yang membangun bagi
sisiwa PRAKERIN
3.
Melatihh sisiwa untuk berkomunikasi /Berinteraaksi secara Profesional
didunia kerja yang sebenar Nya
4.
Membeentuk semangat kerja yang baik bagi siswa PRAKERIN
5.
Mengembangkan Ilmu Pengetahuan dasar yang dimiliki oleh siswa sesuai
bidang masing masing
6.
Menaambah jenis Keterampilan Yang dimiliki Oleh siswa agar daapat
diembangkan dan di implementasikan di kehidupan sehari hari
7. Menjalin kerja sama yang baik antara
Sekolah dan dunia Industri maupun dunia usaha
Manfaat Prakerin
1. Menghasilkan tenaaga kerja Yang memiliki keahlian professional Yaitu Tenaaga
kerja Yang memiliki Pengetahuan ,
keterampilan dan semangat kerja Yang sesuai Tuntutan kerja
2. Memperkokoh Hubungan sekolah dengan
dunia industri maupun dunia usaha
3. Meningkatkan efisiensi proses pendidikan
dan pelatihan tenaga kerja yang berkualitas
4. Emberi Pengakuan dan penghargaan
terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan
5. Menyiapkan Sumberdaya Maanusia yang
berkualitas sesuai tuntutan zaman di era teknologi informasi dan komunikasi.
0 coment rios: